Apa itu Dehidrasi Musim Dingin dan 5 Cara untuk Menghindarinya

Dehidrasi dan cuaca panas cenderung berjalan beriringan, tetapi gagasan dehidrasi musim dingin mungkin agak kurang akrab.

Apa itu Dehidrasi Musim Dingin dan 5 Cara untuk Menghindarinya

Di musim panas, mungkin dibutuhkan hanya satu langkah di luar bagi tubuh Anda untuk segera mulai kehilangan air melalui keringat. Keringat itu, meskipun biasanya lengket dan tidak disukai, juga berfungsi sebagai pengingat bagi kita untuk mengisi kembali apa yang tampak hilang dengan lebih banyak air. Selain itu, ketika suhu lebih tinggi, otak Anda lebih cenderung mengirim isyarat haus sebagai pengingat bawaan untuk terhidrasi.

Namun, yang tidak disadari banyak orang adalah hanya karena kita tidak dapat melihat kulit kita berkeringat di bawah sinar matahari, tubuh kita juga kehilangan air dalam cuaca dingin. Sebagai permulaan, kita mungkin berkeringat dari lapisan pakaian ekstra kita, dan keringat itu cenderung menguap lebih cepat dari tubuh kita dalam cuaca dingin. Selain itu, hanya menghirup udara dingin dan kering menghasilkan kehilangan air yang lebih besar melalui respirasi dibandingkan dengan cuaca yang lebih hangat. Faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap dehidrasi musim dingin meliputi penurunan kelembaban di udara, kurangnya sinyal haus dari otak, dan peningkatan kehilangan cairan dengan lebih sering masuk angin dan flu. Tanpa sinyal yang jelas untuk minum air yang cukup, dehidrasi selama bulan-bulan musim dingin sering tidak diakui.

Masalahnya adalah, dehidrasi musim dingin dapat menyebabkan kram otot, kelelahan, detak jantung yang meningkat, sakit kepala, atau bahkan membuat Anda merasa sangat lapar. Di sisi lain, mempertahankan status hidrasi yang baik dapat meningkatkan kekebalan Anda, meningkatkan fokus, mencegah kulit Anda mengering, dan bahkan menjaga rambut Anda tetap halus seperti sutra. Jadi, meskipun tetap terhidrasi di musim dingin mungkin membutuhkan upaya yang sedikit lebih sadar, itu benar-benar layak.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi dehidrasi musim dingin:
1. Nyaman dengan Minuman Hangat
Nyaman dengan Minuman Hangat

Sementara segelas air es dingin terdengar seperti obat sempurna untuk dehidrasi, air hangat juga bisa membantu. Atau, jika itu tidak cukup menarik bagi Anda, cobalah teh herbal, air lemon hangat, atau cokelat panas untuk alternatif hangat dan melembabkan.

2. Makan Air Anda
Makan Air Anda

Tentu saja air minum itu penting, tetapi yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa 20-30% hidrasi sebenarnya berasal dari makanan Anda. Di musim panas, semangka berair, mentimun renyah, dan tomat semuanya mengandung sekitar 80-95% air dan berkontribusi terhadap status hidrasi cuaca hangat kita, mungkin tanpa kita sadari. Pada bulan-bulan musim dingin, jumlah buah-buahan dan sayuran segar yang tinggi kadar airnya cenderung menurun karena ketersediaan musiman, sedangkan sayuran musim dingin bertepung rendah yang kadar airnya meningkat.

Namun, jangan khawatir, ada banyak makanan ramah musim dingin lainnya yang tinggi kadar airnya dan dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Buah pir, kangkung, clementine, dan kubis brussel adalah beberapa buah musiman dan hidrasi musim untuk menambah diet Anda. Sementara biji-bijian yang dimasak dengan air, seperti oatmeal atau nasi, juga bisa memberi Anda tambahan hidrasi tambahan. Pilihan lain yang mungkin belum Anda pertimbangkan termasuk yogurt, saus apel, atau bahkan jello.

3. Rayakan Musim Sup
Rayakan Musim Sup

Musim dingin adalah waktu yang tepat untuk bersantai dengan semangkuk sup hangat. Cobalah salah satu dari resep menyenangkan ini musim dingin ini untuk makan malam yang sama-sama melembabkan dan lezat.

4. Hindari Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Dehidrasi
Hindari Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Dehidrasi
Sementara pesta liburan mungkin penuh dengan minuman beralkohol dan latte hangat terasa seperti minuman musim dingin yang sempurna, minuman ini sebenarnya dapat berkontribusi terhadap dehidrasi musim dingin. Keduanya bertindak sebagai diuretik ringan dan dapat menyebabkan kehilangan cairan. Walaupun efeknya mungkin tidak besar, mengurangi alkohol dan kafein mungkin merupakan ide yang baik jika Anda berjuang untuk mempertahankan status hidrasi yang sehat musim dingin ini. Sebagai gantinya, cobalah secara sadar untuk minum minuman yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa atau minuman olahraga, untuk mencegah dehidrasi.

5. Tetap Waspada!
Tetap Waspada!
Tetap sadar akan asupan air Anda adalah salah satu cara terbaik untuk tetap terhidrasi musim dingin ini. Apakah itu berarti mengatur pengingat pada ponsel Anda untuk minum air, mengawasi warna urin Anda, atau menemukan seorang teman untuk membuat Anda bertanggung jawab. Tetap waspada dengan berapa banyak air yang Anda minum dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara sains mungkin tidak memiliki jawaban yang tepat untuk berapa banyak air yang perlu diminum seseorang dalam sehari, apa yang kita ketahui adalah bahwa tubuh kita sendiri adalah 60% air sehingga tetap terhidrasi adalah kunci menuju kehidupan yang sehat. Ingatlah untuk tidak berlebihan, karena terlalu banyak hidrasi dapat memiliki efek negatif. Jadi, sampai cuaca hangat kembali dan tubuh Anda memohon Anda untuk aliran air es terus menerus, bersantailah dengan secangkir teh hangat atau semangkuk sup dan tetap terhidrasi di musim dingin ini!
Apa itu Dehidrasi Musim Dingin dan 5 Cara untuk Menghindarinya Apa itu Dehidrasi Musim Dingin dan 5 Cara untuk Menghindarinya Reviewed by Mod on January 21, 2020 Rating: 5

1 comment:

  1. meskipun biasanya lengket dan tidak disukai, juga berfungsi sebagai pengingat bagi kita untuk mengisi kembali apa yang tampak hilang dengan lebih banyak air.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.