25 Makanan Baik dan Buruk untuk Mata

25 Makanan Baik dan Buruk untuk Mata

25 Makanan Baik dan Buruk untuk Mata

Secara umum dipercaya bahwa seiring bertambahnya usia, penglihatan mereka menjadi semakin buruk. Secara teknis ini benar, tetapi gaya hidup sehat dapat secara signifikan menunda perkembangan masalah kesehatan mata.

Beberapa kondisi mata terkait usia yang umum termasuk laugkoma, mata kering, degenerasi makula terkait usia - yang merupakan penyebab utama kebutaan - dan katarak.

Banyak faktor yang mempengaruhi mata - paparan sinar ultraviolet, radiasi, beberapa obat. Tetapi satu-satunya hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda adalah asap, menurut Dr. Scott. B. Sheren , ketua departemen oftalmologi di ProHEALTHcare. Diet yang tidak sehat adalah yang kedua.

Beberapa makanan, termasuk telur dan suplemen, adalah topik kontroversial ketika menyangkut kesehatan mata - seringkali dengan bukti ilmiah yang tidak konsisten tentang manfaat kesehatannya.

Bumbu
Bumbu

Menambahkan bumbu ke dalam makanan adalah cara umum untuk meningkatkan rasanya. Tetapi banyak dari mereka - kecap, saus barbekyu, mayo, untuk beberapa nama - sering mengandung aditif buatan dan sarat dengan garam dan gula. Anda ingin menghindari ini untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk mata, kata Sheren. Banyak gula dalam tubuh Anda dapat menyebabkan pembuluh darah di mata menyempit. Akibatnya, cairan dapat menumpuk karena tidak dapat mengalir dengan baik. Ini pada akhirnya dapat menyebabkan glaukoma.

Ikan besar
Ikan besar

Setiap kali Anda memilih ikan, Anda harus mencari ikan yang lebih kecil, kata Dr. Sheren. Ini karena merkuri, yang dapat merusak mata karena menumpuk di sel-sel yang merespons cahaya. Merkuri disimpan dan terakumulasi ketika ikan mengkonsumsinya, itulah sebabnya ikan yang lebih besar bisa lebih berisiko untuk dikonsumsi. Tuna, terutama tuna kalengan, populer dalam makanan Amerika, tetapi ini adalah ikan besar sehingga Anda mungkin ingin menghindarinya. Ikan besar lainnya yang harus dihindari termasuk tilefish, hiu, swordfish, dan mackerel.

Nuts
Ikan besar

Kacang umumnya merupakan pilihan makanan yang baik untuk mata. "Setiap kacang memiliki manfaatnya," kata Dr. Sheren. Kacang kenari, kacang mete, kacang tanah, dan hazelnut hanyalah beberapa contoh kacang yang kaya akan asam lemak omega-3. Mereka juga kaya akan vitamin E, yang melindungi mata dari kerusakan terkait usia, katanya.

Deli dan daging olahan lainnya
Deli dan daging olahan lainnya

Daging olahan dan daging olahan umumnya buruk untuk kesehatan Anda, kata Sheren. "Mereka tinggi garam dan lemak jenuh." Asupan garam yang tinggi meningkatkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan peningkatan sementara pada tekanan mata. Efek kadar natrium darah tinggi pada kesehatan mata masih diperdebatkan tetapi beberapa bukti menunjukkan bahwa itu meningkatkan risiko katarak dan kerusakan retina.

Paprika merah
game android penghasil uang

Paprika merah

Paprika adalah camilan sehat keseluruhan, tanpa memandang warna. Tetapi paprika merah memiliki lebih banyak vitamin C daripada yang lainnya. Hanya satu lada kecil memiliki sekitar 95 mg vitamin C, sedikit lebih banyak dari jumlah harian yang disarankan. Vitamin C membantu pembuluh darah di mata tetap sehat, catat Sheren. Paprika merah juga merupakan sumber vitamin E yang kaya, yang beberapa penelitian telah menunjukkan untuk mengurangi perkembangan degenerasi makula terkait usia dan pembentukan katarak, menurut American Optometric Association.

Kentang goreng
Kentang goreng

Kentang goreng masuk dalam daftar makanan terburuk untuk kesehatan secara keseluruhan karena minyak yang digoreng kentang dan juga hanya karena digoreng, kata Sheren. Terlepas dari minyak apa yang Anda gunakan, memasak sayuran akan menyebabkan hampir semua nilai gizinya hilang. Lemak trans dalam kentang goreng dapat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Hipertensi dapat menyebabkan masalah mata seperti retinopati hipertensi.

Buah jeruk
Buah jeruk


Buah jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan kunci bagi kesehatan mata. Mereka juga kaya akan dua karoten anti-inflamasi - lutein dan zeaxanthin, yang memainkan peran penting dalam melindungi mata dari panjang gelombang berbahaya dengan menyerap energi cahaya berlebih, jelas Sheren. Ada lebih dari 600 karotenoid yang ditemukan di alam, tetapi hanya dua ini yang disimpan dalam jumlah tinggi di retina, menurut American Optometric Association.

Minuman manis
Minuman manis

Minuman manis biasanya dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi atau gula buatan lainnya. Mereka meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi, kata Sheren. Terlalu banyak gula dalam darah Anda dapat melukai pembuluh-pembuluh kecil yang memasok darah ke retina dengan membuatnya membengkak. Ini pada akhirnya dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Brokoli
Minuman manis

Brokoli adalah sumber besar bioflavonoid, yang merupakan kategori umum makronutrien yang membantu menjaga bukan hanya mata tetapi juga seluruh tubuh yang sehat, kata Sheren. Ada beberapa bukti bahwa antioksidan tertentu yang ditemukan dalam brokoli, sulforaphane, melindungi mata dari stres oksidatif yang disebabkan oleh cahaya, sehingga menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia dan kebutaan.

Margarin
Minuman manis

Berlawanan dengan kepercayaan umum, margarin bukanlah alternatif yang sehat untuk mentega. Margarin mengandung banyak lemak trans, dan itu tidak baik untuk mata, kata Sheren. Lemak trans bersifat pro-inflamasi, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, tambahnya.

Beri
Beri


Buah beri adalah sumber antioksidan yang bagus, yang selalu Anda inginkan dalam makanan karena banyak khasiatnya yang bermanfaat, termasuk mengurangi peradangan di jaringan mata, kata Sheren. Mereka melindungi pembuluh darah dan membantu metabolisme sel, katanya. Berry mengandung anthocyanin, sejenis flavonoid yang mendukung fungsi mata, katanya.

Makanan siap saji
Makanan siap saji

Makanan siap makan memang enak tetapi mengandung terlalu banyak bahan yang tidak Anda inginkan dalam tubuh Anda - gula dan garam. Garam menahan air. Ketika Anda memiliki terlalu banyak, tubuh membengkak. Akibatnya, volume darah meningkat dan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini memberi tekanan pada pembuluh darah, termasuk yang ada di mata, mungkin merusaknya seiring waktu.

Wortel

Wortel

Wortel, seperti banyak buah jeruk dan sayuran, kaya akan lutein dan karoten yang bermanfaat bagi mata dengan melindungi mereka terhadap penyakit mata degeneratif yang berkaitan dengan usia, kata Shereen. "Kami sangat menyukai wortel di keluarga saya," tambahnya. Tubuh mengubah karoten menjadi vitamin A, yang membantu mata memproses cahaya. Walaupun vitamin A penting untuk menjaga penglihatan Anda tetap sehat, vitamin itu tidak akan membaik jika sudah rusak.

Soda

Soda

Sebuah studi terhadap lebih dari 600 orang, yang diterbitkan tahun lalu di Clinical and Experimental Ophthalmology Journal, menemukan bahwa penderita diabetes yang mengkonsumsi lebih dari empat kaleng soda diet seminggu dua kali lebih mungkin memiliki masalah penglihatan, termasuk kebutaan. Diet soda mungkin bukan pilihan yang lebih aman. Pemanis buatan dalam soda diet dapat menyebabkan lonjakan insulin, yang memperburuk sensitivitas insulin dari waktu ke waktu, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, yang dapat menyebabkan kerusakan pada retina.

Soda Sebuah penelitian terhadap lebih dari 600 orang, yang diterbitkan tahun lalu di Clinical and Experimental Ophthalmology Journal, menemukan bahwa penderita diabetes yang mengkonsumsi lebih dari empat kaleng soda diet seminggu memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami masalah penglihatan, termasuk kebutaan. Diet soda mungkin bukan pilihan yang lebih aman. Pemanis buatan dalam soda diet dapat menyebabkan lonjakan insulin, yang memperburuk sensitivitas insulin dari waktu ke waktu, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, yang dapat menyebabkan kerusakan pada retina.

Biji rami
Biji rami

Biji menguntungkan mata, kata Sheren. Biji rami, tambahan yang populer dalam smoothie, mengandung banyak lemak sehat omega-3, yang membantu tubuh mengeringkan cairan intraokular dari mata, mengurangi risiko glaukoma. Biji rami juga kaya antioksidan dan serat, yang juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Sayuran hijau
Sayuran hijau

Sayuran hijau berdaun sangat bagus untuk mata, kata Sheren. Mereka mengandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah tinggi, yang membantu mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti katarak dan degenerasi makula.

Ubi jalar
Ubi jalar

Seperti makanan oranye lainnya yang meningkatkan kesehatan mata, ubi kaya akan beta karoten, yang dapat memperlambat degenerasi makula terkait usia, kata Sheren. Tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A, yang membantu mencegah mata kering dan kebutaan malam.

Ubi jalar Seperti makanan oranye lainnya yang meningkatkan kesehatan mata, ubi kaya akan beta karoten, yang dapat memperlambat degenerasi makula terkait usia, kata Sheren. Tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A, yang membantu mencegah mata kering dan kebutaan malam.

Bit

Bit

Bit mengandung lutein, antioksidan yang membantu melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia. Namun, jangan membuang daun hijau. Hanya satu cangkir bit hijau mengandung hampir 0,3 mikrogram lutein. Beberapa ahli mengatakan jumlah yang disarankan sehari harus sekitar 6 mg.

Air

Air

Dehidrasi adalah masalah kronis di antara orang-orang. "Sejauh mata memandang, itu memperburuk mata kering, tetapi tidak menyebabkan kerusakan permanen," kata Sheren. Mata kering adalah suatu kondisi di mana permukaan mata tidak memiliki lubrikasi dan kelembaban yang cukup. Mata membutuhkan cairan itu untuk membersihkan puing-puing dan debu saat Anda berkedip.

Labu

Labu

Squash kaya akan vitamin A dan C, yang Anda inginkan dalam makanan ramah mata, kata Sheren. Butternut squash juga mengandung lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, yang semuanya membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet berbahaya dari matahari.

Telur

Telur

Telur kontroversial dalam hal kesehatan mata, kata Sheren. Mereka mengandung beberapa lemak jenuh, yang ingin Anda hindari, tetapi juga banyak nutrisi yang membantu melindungi mata. Kuning telur merupakan sumber kaya vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng, yang semuanya baik untuk mata yang sehat.

Legum

Legum

Legum, seperti kacang dan kacang hitam, kaya akan bioflavonoid dan seng, yang membantu melindungi retina, sehingga menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak.

Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh

Anda ingin makan lebih sedikit biji-bijian olahan dan lebih banyak biji-bijian, kata Sheren. Mereka tinggi antioksidan dan lutein, serta seng, yang bertindak sebagai anti-inflamasi dan melindungi jaringan mata dari cahaya, katanya.

Suplemen
Suplemen

Studi tentang suplemen dan manfaat terkait mata mereka tidak konklusif, kata Sheren. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mereka memiliki efek positif hanya pada pasien yang sudah mengalami degenerasi makula terkait usia. Tetapi suplemen tidak akan meningkatkan visi orang sehat. "Jika pasien tidak memiliki penyakit, suplemen tidak membuat perbedaan sama sekali," tambah Sheren.
25 Makanan Baik dan Buruk untuk Mata 25 Makanan Baik dan Buruk untuk Mata Reviewed by Mod on January 22, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.