30 Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Rambut yang Lebih Sehat

30 Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Rambut yang Lebih Sehat

30 Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Rambut yang Lebih Sehat

Ada beberapa faktor utama yang memengaruhi rambut Anda — genetika, usia, hormon, defisiensi nutrisi, dan banyak lagi. Tetapi apa yang Anda makan adalah salah satu dari beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol penampilan rambut Anda. Lagipula, jika Anda cenderung memiliki rambut yang tipis dan biasa-biasa saja, Anda tidak ingin memperburuknya dengan mengonsumsi makanan yang salah, bukan? Dan bahkan jika Anda termasuk dalam iklan rambut, Anda ingin melindungi penampilan itu, bukan? Di situlah memilih makanan sehat yang tepat untuk pertumbuhan rambut masuk.

Sebelum Anda menghabiskan satu tahun lagi mengeluarkan banyak uang untuk perawatan profesional atau produk untuk mendapatkan kunci mengkilap yang Anda inginkan, pertimbangkan ini. Meskipun ketebalan dan kekuatan rambut Anda sebagian besar adalah keturunan, makanan yang Anda makan (atau tidak cukup) dapat mempengaruhi status rambut Anda seperti halnya perawatan pengkondisian mewah.

Dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang terbukti secara ilmiah membantu rambut Anda — dan menghindari yang hanya membahayakan — Anda dapat memengaruhi ketebalan, pertumbuhan, atau kerontokan rambut Anda, seberapa berkilaunya, dan bahkan kemungkinan uban. Bandingkan daftar di bawah ini dengan apa yang biasanya Anda miliki di dapur Anda, dan gunakan untuk menginformasikan perjalanan belanja bahan makanan Anda berikutnya.

Makanan Terbaik untuk Rambut Sehat
1. Almond Butter

Almond Butter

Mentega almond mengandung beragam nutrisi — termasuk protein, lemak sehat, dan vitamin tertentu — yang semuanya dikaitkan dengan kesehatan rambut. Ini adalah kandungan vitamin E dalam kacang yang menurut peneliti sangat baik untuk menjaga kunci Anda tetap tebal dan berkilau. Satu percobaan kecil selama delapan bulan yang diterbitkan dalam jurnal Tropical Life Sciences Research menemukan peserta yang menambah vitamin E setiap hari sebanyak 100 miligram melihat peningkatan pertumbuhan rambut sebanyak 34 persen.

Hanya satu sendok makan mentega almond menyediakan hampir 3,87 miligram Vitamin E. Tunjangan Vitamin E harian yang disarankan adalah 15 miligram, sehingga mentega almond akan membuat Anda sehat, terutama jika Anda makan lebih dari satu sendok makan.

Tidak suka mentega almond? Kacang almond biasa juga akan membantu. Menurut NIH, almond adalah salah satu sumber makanan terbaik vitamin E. Satu ons almond panggang kering menyediakan sepertiga dari DV Anda untuk vitamin E yang larut dalam lemak.

2. Jeruk keprok
Jeruk keprok


Manfaat jeruk keprok memengaruhi rambut Anda secara besar-besaran. Kandungan vitamin C-nya memudahkan tubuh Anda menyerap zat besi, yang ditemukan dalam makanan seperti daging merah dan bayam. Kekurangan zat besi telah dikaitkan dengan kerontokan rambut, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Korean Medical Science , jadi penting untuk memastikan Anda sudah cukup. Dan makanan vitamin C hanya akan membantu tubuh Anda menyerap zat besi itu lebih banyak lagi.

3. Salmon
Salmon

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3, yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan.
"Omega-3 anti-inflamasi. Mereka dapat membantu jika Anda memiliki peradangan yang menyebabkan kerontokan rambut," kata dokter kulit Carolyn Jacob kepada EatThis.com ketika berbicara tentang makanan terbaik untuk mencegah kerontokan rambut. Beberapa sumber omega-3 yang hebat lainnya termasuk kenari, biji chia, dan biji rami.

Selain membantu Anda tetap bugar dan bebas penyakit, omega-3 memungkinkan Anda menumbuhkan rambut dan membuatnya tetap berkilau dan penuh. Menurut ahli gizi Dr. Joseph Debé, CD, CDN, baik pola botak pria dan rambut rontok wanita sering dikaitkan dengan resistensi insulin. Salmon adalah salah satu makanan yang membantu tubuh memproses insulin lebih efisien.

Plus, salmon dan ikan berlemak lainnya dipenuhi dengan vitamin D. perangsang folikel-per. Dalam sebuah studi yang dicetak dalam Journal of Steroid Biokimia dan Biologi Molekuler , vitamin D juga dapat membantu merangsang folikel rambut yang telah menjadi dorman. Dengan kata lain, ada bukti yang menunjukkan bahwa nutrisi dapat membantu mencegah penipisan rambut dan bahkan bintik-bintik botak.




4. Bayam
Bayam

Bayam mengandung berbagai nutrisi dan mineral yang dapat bermanfaat bagi rambut Anda, serta kesehatan Anda secara keseluruhan. "Sangat penting untuk memastikan Anda tidak kekurangan makanan dalam diet Anda yang bisa menyebabkan rambut rontok," kata Jacob kepada EatThis.com.

Selain memiliki kandungan zat besi dan magnesium yang tinggi, bayam juga dapat membantu rambut Anda menghasilkan sebum.

5. Telur
Telur

Telur dikemas dengan 10 mcg vitamin B yang disebut biotin, yang dapat membantu rambut tumbuh dan menguatkan kuku. Sumber biotin yang baik lainnya termasuk almond, alpukat, dan salmon.

Plus, telur adalah sumber vitamin D (11 persen dari DV per telur) yang bagus untuk membantu rambut Anda tumbuh kuat dan berkilau. Menurut penelitianyang telah diterbitkan di jurnal Stem Cells Translational Medicine , vitamin sinar matahari bisa membantu menciptakan folikel rambut baru: pori-pori kecil rambut baru bisa tumbuh. Ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan ketebalan rambut Anda atau mengurangi jumlah rambut yang hilang seiring bertambahnya usia.

6. Yogurt Yunani
Yogurt Yunani

Pernah perhatikan apa yang ada di atas hampir setiap patung Yunani kuno? Rambut tebal, penuh, dan bergelombang. Pilihan artistik? Mungkin. Tapi mungkin itu karena yogurt tebal dan kaya protein yang sudah dimakan orang Yunani dan budaya lain selama ratusan tahun. Yoghurt Yunani mengandung vitamin B5 (dikenal sebagai asam pantotenat), dan vitamin B dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit dan rambut.

7. Oatmeal
Oatmeal

Oat kaya akan zat besi, serat, seng, asam lemak omega-3 dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), yang merangsang pertumbuhan rambut, menjadikannya tebal dan sehat.

8. Jambu biji
Jambu biji

Jambu biji, seperti jeruk keprok, kaya akan vitamin C. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology , suplemen vitamin C ditemukan untuk mempromosikan "pertumbuhan rambut yang signifikan pada wanita dengan penipisan rambut sementara." Meskipun kita sering menganggap jeruk sebagai sumber vitamin C terbaik, satu jambu biji bungkus empat hingga lima kali lipat.

9. Lentil

Lentil

Lentil kaya akan asam folat, yang dapat membantu tubuh Anda membuat sel darah merah. Sel-sel darah merah itu membawa oksigen ke organ-organ Anda, termasuk kulit dan kulit kepala Anda.

10. Tiram

Tiram

Jika Anda menemukan rambut Anda menipis atau rontok sepenuhnya, itu bisa jadi karena Anda tidak mendapatkan cukup seng dalam diet Anda. Untungnya, penelitian telah menunjukkan bahwa rambut rontok yang berhubungan dengan kekurangan seng dapat dibalik hanya dengan makan lebih banyak nutrisi yang sangat penting. Menurut ulasan dalam jurnal Dermatology Research and Practice , 5 miligram per kilogram berat badan cukup untuk mendorong pertumbuhan rambut pada pasien dengan alopecia. Salah satu cara untuk meningkatkan asupan seng Anda adalah memuat tiram. Hanya enam dari makanan laut yang dikupas akan memberi Anda 30 miligram seng, yang dua kali lipat dari DV nutrisi! Beberapa makanan lain yang mengandung seng tinggi termasuk daging dan kacang-kacangan.

11. Hati
Hati

Seperti yang kami sebutkan, kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok, terutama pada wanita. Zat besi berlimpah di bayam teman kita (dan sayuran berdaun gelap lainnya), kacang kedelai, lentil, biji-bijian yang diperkaya, dan pasta. Hati mungkin terdengar kurang selera, tetapi jika Anda suka pâté, rambut Anda akan diuntungkan. Daging organ seperti hati memiliki zat besi yang berlimpah.

12. Blueberry
Blueberry

Stres oksidatif telah dikaitkan dengan kerontokan rambut dan kulit kepala yang tidak sehat per tinjauan International Journal of Cosmetic Science , jadi untuk menjaga kulit kepala dan rambut Anda bahagia, penting untuk memuat antioksidan, yang menangkal stres oksidatif. Dan blueberry kaya akan antioksidan, termasuk vitamin B dan proanthocyanidins.

13. Barley
Barley

Seperti halnya mentega almond, barley kaya akan vitamin E. Ini dapat membantu pertumbuhan rambut, jadi makan makanan yang kaya nutrisi ini selalu merupakan ide yang baik jika Anda ingin menambahkan lebih banyak makanan untuk pertumbuhan rambut ke dalam diet Anda.

14. Kenari
Kenari

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam jurnal yang disebut Dermatologi Praktis & Konseptual , kekurangan asam lemak tak jenuh ganda tak jenuh ganda asam linoleat (asam lemak omega-6) dan asam alfa-linolenat (asam lemak omega-3) dapat menyebabkan perubahan rambut termasuk kerontokan rambut kulit kepala dan alis, serta keringanan rambut. Untuk mencegah hal itu terjadi pada Anda atau rambut Anda, makan makanan yang dikemas dengan asam linolenat dan alfa-linolenat, seperti kacang kenari.

15. Wortel
Wortel

Ketika dikonversi menjadi vitamin A, beta-karoten melindungi rambut yang kering dan kusam dan menstimulasi kelenjar di kulit kepala Anda untuk membuat cairan berminyak yang disebut sebum. Jadi di mana Anda menemukan ramuan kunci ini? Buah dan sayuran berwarna oranye adalah pilihan terbaik Anda: Ubi jalar, labu, blewah, dan mangga.

16. Halibut

Halibut

Halibut tinggi magnesium, yang membantu tubuh mempertahankan kadar insulin yang sehat. Dan diabetes telah dikaitkan dengan kerontokan rambut, sehingga menjaga kadar insulin Anda diatur penting karena sejumlah alasan. Ya, halibut adalah salah satu makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut, tetapi ia juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

17. Jamur Shiitake

Jamur Shiitake

Tembaga sangat penting untuk kekuatan serat keratin, menurut laporan Klinik Dermatologis . Mineral jejak juga dapat membantu rambut mempertahankan warna alami dan mencegah uban, menurut sebuah studi Penelitian Elemen Biologis 2012 . Secangkir jamur shiitake dimasak mengandung 1.299 mikrogram mineral, yang merupakan 145 persen dari RDA Anda. Rumput laut dan biji wijen juga merupakan sumber yang bagus.

18. Buncis
Buncis

Chickpeas mengandung folat tinggi, yang membantu sel-sel darah merah tubuh Anda berfungsi, seperti yang kami sebutkan dengan lentil.
19. Spirulina
Spirulina

Spirulina tinggi protein dan magnesium, serta tembaga. "Spirulina" terdengar lebih bagus daripada "buih kolam", tetapi pada dasarnya seperti itu: sejenis ganggang biru-hijau yang tumbuh secara alami di lautan dan danau asin di iklim subtropis.

20. Marmite
Marmite

Marmite adalah sebaran yang terbuat dari ekstrak ragi, dan mengandung asam folat yang tinggi. Marmite mengandung 100 mikrogram asam folat per porsi, seperempat dari 400 mikrogram asam folat yang direkomendasikan oleh CDC bagi wanita setiap hari.

22. Sereal Gandum Sarapan Gandum yang Diperkuat

Sereal Gandum Sarapan Gandum yang Diperkuat

Periksa label sereal Anda, tetapi sebagian besar porsi akan memberikan 100 persen DV Anda dari besi. Seperti disebutkan, kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut menipis.

23. Kiwi
Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C. Ini dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sendiri, seperti yang disebutkan. Jadi gali buah jeruk favorit Anda, seperti ini.

24. Kerang

Kerang

Kerang dan siapa pun linguine? Vitamin B12 dalam kerang telah ditemukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan rambut, dan memperlambat proses uban, menurut ulasan di Clinical and Experimental Dermatology. Hanya tiga ons kerang mengandung 1,402 persen dari nilai vitamin B12 harian Anda, menurut NIH .

25. Paprika Merah

Paprika Merah

Sayuran-sayuran ini memiliki kelebihan di departemen vitamin C, yang berarti mereka akan membantu rambut Anda tetap panjang dan kuat. Hanya setengah cangkir paprika merah mengandung lebih dari DV total vitamin C, antioksidan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan rambut dan seterusnya. Karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, makan makanan yang penuh dengan nutrisi adalah cara nomor satu untuk memperbaiki dan memperkuat rambut Anda. Apalagi? Ketika vitamin C lada disinkronkan dengan zat besi dari sesuatu seperti bayam, hasilnya adalah bahwa tubuh Anda dapat menyerap zat besi dengan lebih mudah, yang akan membuat surai Anda semakin keras.

26. Kacang Hitam

Kacang Hitam

Lisin adalah asam amino esensial yang dapat berperan dalam penyerapan zat besi dan seng, jadi, mengingat apa yang telah kami sampaikan tentang rambut dan nutrisi penting tersebut, tidak mengherankan bahwa Lisin telah terbukti mendorong pertumbuhan dan perkembangan kesehatan. rambut. Faktanya, sebuah studi tahun 2002 yang dicetak dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology menunjukkan bahwa penambahan lisin pada suplemen zat besi secara signifikan membantu beberapa wanita dengan rambut menipis kronis dan kerontokan rambut yang gagal menanggapi suplementasi zat besi saja. Kacang hitam, yang dikemas dengan protein, juga sarat dengan lisin. Setengah cangkir legum mengandung 523 miligram asam amino esensial.

Makanan Terburuk untuk Pertumbuhan Rambut
1. Swordfish
Swordfish

Tingginya kadar merkuri dapat dikaitkan dengan kerontokan rambut, dan ikan todak lebih tinggi merkuri daripada beberapa pilihan makanan laut lainnya. Aturan menyeluruh (tetapi ada pengecualian) adalah bahwa semakin besar ikan di alam, semakin tinggi kadar merkuri di dalamnya. Hindari ikan seperti ikan pedang, tenggiri, dan bahkan beberapa tuna.

2. Gula
Gula

Ini secara resmi tahun "hentikan gula!" dan kunci lezat wannabe Anda adalah alasan lain mengapa gula merusak kesehatan Anda. Ini sangat mendasar: Protein sangat penting untuk rambut Anda. Hindari gula tambahan dan makanan mengejutkan yang mengandung gula.

3. Makanan Putih Bertepung
Makanan Putih Bertepung

Yang satu ini berjalan seiring dengan gula, karena roti putih, kue, kue kering, pasta putih, dan pati olahan lainnya yang diproses menjadi gula, yang menyebabkan rambut Anda menipis. Jadi menjauhlah dari croissant, dan tetap dengan gandum jika memungkinkan.

4. Alkohol
Alkohol

Alkohol memperlambat kadar seng dalam tubuh Anda, dan seng adalah mineral yang diperlukan untuk rambut dan pertumbuhan yang sehat. Alkohol juga membuat Anda dehidrasi, yang bisa membuat rambut Anda lebih rapuh. Jadi, jika Anda memutuskan untuk mengurangi minuman keras, kulit dan rambut Anda akan berterima kasih.
30 Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Rambut yang Lebih Sehat 30 Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Rambut yang Lebih Sehat Reviewed by Mod on January 22, 2020 Rating: 5

1 comment:

  1. Sebelum Anda menghabiskan satu tahun lagi mengeluarkan banyak uang untuk perawatan profesional atau produk untuk mendapatkan kunci mengkilap yang Anda inginkan, pertimbangkan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.